Study Hard: Alat-Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Minggu, 28 April 2013

Alat-Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Alat-Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi




1. Media Berkabel (Wired)

Media berkabel adalah media yang menghubungkan penerima dan pengirim yang secara fisik dengan menggunakan kabel sebagai penghubung. Berikut adalah alat-alat yang termasuk media berkabel.
a. Kabel Pasangan Terpilin (Kabel Telepon)
Kabel pasangan terpilin biasa disebut kabel telepon, karena biasa dipakai untuk saluran pesawat telepon. Kabel ini terdiri dari atas 2 atau 4 pasang kabel yang diselubungi penyekat (isolator).
b. Kabel Koaksial
Kabel koaksial biasa digunakan untuk koneksi jaringan lokal, koneksi TV atau antena TV.
c. Kabel Serat Optik
Kabel serat optik ini berbeda dengan yang lain, karena kabel serat optik membawa data dalam bentuk berkas cahaya. Kabel serat optik mampu mengirimkan data dalam frekuensi yang tinggi.

2. Media Tidak Berkabel (wireless)
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menghubungkan kabel. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah mulai marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit karena mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan menggunakan kabel.
a. Gelombang Mikro (Microwave)
Gelombang mikro merupakan bentuk radio yang menggunakan frekuensi tinggi. Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan MAN, warnet dan penyedia layanan internet (ISP).
b. Satelit
Satelit sebenarnya juga menggunakan gelombang mikro, hanya saja satelit digunakan sebagai stasiun relay (penerima dan meneruskan) yang berada di angkasa.
c. Gelombang Radio

Tranmisi dengan menggunakan gelombang radio dapat digunakan untuk mengirimkan suara ataupun data. Kelebihan tranmisi ini adalah mengirimkan data dapat dapat dilakukan dengan sembarang posisi dan bisa dimungkinkan dalam keadaan bergerak.
d. Infra Merah
Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat. Misalnya, dalam penggunaanya untuk pengendalian jarak jauh misalnya (remoute control) pada televisi serta alat elektronik lain. Kini inframerah digunakan sebagai media transmisi pada jaringan, juga menghubungkan mouse pada
komputer. Keuntungan penggunaan infra merah di antaranya mudah dibuat dan murah, pemasangannya mudah, dan mudah dipindah-pindah.

Tidak ada komentar: