Study Hard: Komponen dan Jenis-Jenis Komputer

Minggu, 28 April 2013

Komponen dan Jenis-Jenis Komputer

Pengertian dan Penjelasan Komponen dan Jenis-Jenis Komputer



1. Komponen-Komponen Penyusun Komputer

a. Perangkat Keras (Hardware)
Komputer sebagai sebuah mesin terdiri dari perangkat keras penyusun yang mewakili alur input, proses, dan output. Perangkat keras dalam komputer secara garis besar terdiri atas:
1) Piranti Masukan (Input Device)
Piranti masukan berfungsi sebagai pintu masuk dari data yang akan diolah oleh piranti pemroses. Adapun jenis-jenis piranti masukan antara lain: papan kunci (keyboard), tetikus (mouse), pemindai (scanner), track ball, joystick, kamera digital, webcam, voice recognition device, layar sentuh (touch screen).




2) Piranti pemrosesan
Piranti pemrosesan merupakan otak dari komputer. Oleh karena itu sering diberi istilah sistem unit. Piranti ini mengendalikan seluruh aktivitas dari seluruh sistem komputer. Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut piranti ini adalah Central Processing Unit (CPU).
3) Piranti penyimpanan (Storage device)
Piranti penyimpanan (storage device) mutlak diperlukan dalam suatu sistem komputer. Seperti pada penjelasan sebelumnya, terdapat penyimpanan utama dalam CPU. Namun kapasitas yang mungkin
tersimpan dalam penyimpan utama sangat terbatas sehingga diperlukan piranti penyimpanan pendukung. Sistem penyimpanan pendukung sangat beragam, yaitu:
1. magnetic disk antara lain floppy disk dan hard disk,
2. optical disk antara lain CD, DVD dan Blue-Ray
3. pen drive, yaitu USB flash drive dan ZIP drive,
4. card, misalnya ATM, dan chip-card, serta
5. pita misalnya cassette dan reel to reel tape.


4) Piranti keluaran (Output Device)
Proses output merupakan proses penerjemahan data dari suatu bentuk yang hanya terbaca mesin menjadi bisa dimengerti oleh manusia atau terbaca oleh mesin lain. Adapun piranti keluaran yaitu piranti yang mempunyai kemampuan mengkomunikasikan informasi hasil keluaran dari proses komputer kepada manusia atau mesin lain sehingga infomasi tersebut dapat digunakan. Piranti keluaran antara lain monitor; printer; plotter; voice output device (speaker), optical drive dan computer output microfilm device.



b. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat keras tidak dapat bekerja secara mandiri. Untuk dapat menjalankan fungsinya, diperlukan serangkaian instruksi yang terkumpul dalam bentuk software (perangkat lunak). Software dibagi menjadi dua, yaitu software sistem operasi dan software aplikasi. Sistem operasi mempunyai beberapa fungsi utama antara lain:
(1) manajemen sumber daya,
(2) manajemen data,
(3) manajemen gugus tugas, dan
(4) penyediaan sarana komunikasi antar pengguna dan komputer.
Sistem Operasi yang dikenal antara lain DOS, Windows, Unix, MacOS, FreeBSD, dan Linux.

Perangkat lunak aplikasi merupakan suatu program yang membantu seorang user untuk membantu suatu tugas secara cepat. Biasanya perangkat lunak aplikasi mempunyai gugus tugas tertentu misalnya berupa:
(1) Pengolah kata, misalnya MS-Word, Abi Word, WS, Open Office Word, Star Office Word
(2) Pengolah angka, misalnya MS Excel, Open Office Spreadsheet, Lotus 123;
(3) Database management system (DBMS), misalnya MS-Access, Oracle, MySQL;
(4) Graphics, misalnya Corel Draw, Adobe Photoshop, Macromedia Freehand;
(5) Communication, misalnya mIRC, Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox dan Opera.

c. Brainware (Manusia)
Ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

2. Jenis-Jenis Komputer
Komputer yang paling umum adalah Personal Computer, yang digunakan di sekolahsekolah, kantor, dan rumah-rumah. Personal Computer merupakan bentuk paling umum dari komputer desktop. Komputer desktop memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, display visual dan unit output audio
dan keyboard yang ditempatkan secara mudah di meja kantor atau rumah. Media penyimpanan tersebut berupa harddisk, CD-ROM, dan disket atau flashdisk. Komputer notebook portable adalah versi ringkas dari personal komputer dengan semua komponennya terpaket dalam satu unit tunggal
seukuran kopertipis. Supercomputer digunakan untuk perhitungan numerik skala besar seperti perkiraan cuaca, desain, dan simulasi pesawat terbang. Komputer oleh beberapa professional diklasifikasi menjadi beberapa sudut pandang, ada yang menggolongkan yang berdasarkan data yang
diolah, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan ukuran, dan berdasarkan prosesornya.
a. Komputer Berdasarkan Data Yang Diolah
Berdasarkan data yang diolahnya komputer dapat digolongkan kedalam tiga golongan yaitu:
1) Komputer Analog, yang digunakan untuk mengolah data
kualitatif, bekerja secara kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik misalnya alat hitung arus listrik, temperatur, kecepatan, dan tekanan.
2) Komputer Digital, digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi angka dan huruf, karakter-karakter khusus) dan memerlukan bahasa perantara, misalnya komputer personal computer (PC). Keunggulan dari komputer ini yaitu memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog dan dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan untuk diproses
3) Komputer Hybrid, merupakan kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital, misalnya faksimil.

b. Komputer Berdasarkan Penggunaanya
Berdasarkan penggunaanya komputer digolongkan menjadi ;
1. Special-Purpose Computer
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, biasanya hanya berupa satu masalah saja, komputer ini dapat berupa komputer digital atau komputer analog, dan umumnya
komputer analog adalah special-purpose komputer. Komputer ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri.
2. General-Purpose Computer
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam masalah, dapat menggunakan beberapa program yang dapat menyelasaikan jenis permasalahan yang berbeda. Komputer ini tidak dirancang untuk masalah secara khusus, misalnya aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, dan permainan. General-Purpose Computer dapat berupa kompuer digital maupun komputer analog, tetapi pada umunya komputer digital adalah generalpurpose computer.

c. Komputer Berdasarkan Ukurannya
Komputer yang dibedakan berdasakan bentuk dan ukuran fisik dibedakan atas:
1. Tower (Menara),
2. Desktop (Meja)
3. Portable
4. Notebook
5. Subnotebook
6. Palmtop

d. Komputer Berdasarkan Processor
Komputer ini digolongkan menjadi:
1. Mainframe adalah komputer yang processornya mempunyai kemampuan besar karena ditujukan untuk banyak pemakai.
2. Minikomputer adalah bentuk mini dari komputer mainframe. Jika mainframe memiliki ribuan terminal, komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan mungkin ratusan terminal.
3. Personal Computer adalah komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu pemakaian program aplikasi saat tertentu.

Tidak ada komentar: