Study Hard: KONSEP DESAIN GRAFIS

Jumat, 26 April 2013

KONSEP DESAIN GRAFIS


Suatu desain apapun, misalnya web, brosur, majalah, buku dan lain lain dibuat dengan memperhatikan prinsip desain sebagai berikut:
  1. komunikatif
Prinsip komunikasif berhubungan dengan corporate identity, isi pesan serta audiens. Desain web untuk media berita seperti koran dan lain-lain tidak sama dengan desain web untuk site yang menampilkan karya seni. Web yang ditujukan untuk anak muda tidak sama dengan web yang ditujukan untuk orang dewasa. Contohnya anak-anak akan sulit untuki membaca teks dengan font yang banyak variasi. Semua elemen desain yang ditempatkan pada halaman web harus mempunyai makna.

2.      estetis
Desain web yang tidak memperhatikan keindahan biasanya jarang dikunjungi oleh pengguna, karena pengguna hanya mengunjungi web tersebut sekali saja. Walaupun demikian terdapat desain web yang tidak memerlukan keindahan dengan alasan tertentu, misalnya nama sudah terkenal sehingga tampilan apapun bentuknya tidak mempengaruhi audiens. Keindahan suatu tampilan web akan menarik perhatian serta selalu diingat oleh pengguna internet.

  1. ekonomis
Desain web harus memperhatikan faktor ekonomis dalam arti ukuran file yang digunakannya. File animasi yaang mempunyai ukuran besar, walaupun secara estetis memenuhi selera, tetapi mengakibatkan pengunjung memerlukan waktu yang lama untuk membuka halaman web tersebut. Biasanya web site seperti itu akan ditinggalkan oleh pengguna.


Untuk mendapatkan desain yang komunikatif, estetis dan ekonomis perlu diperhatikan pedoman untuk membuat tata letak suatu tampilan, yaitu dengan mengatur elemen-elemen layout seperti teks, image, aniamsi serta video. Pedoman yang dimaksud adalah:
  1. kesatuan
Elemen-elemen layout dari halaman harus ditempatkan sedemikain rupa sehingga merupakan kesatuan informasi pada satu halaman atau beberapa halaman.
  1. balance
Elemen-elemen layout dari halaman harus ditempatkan sedemikain rupa sehingga terdapat keseimbangan secara keseluruhan.
  1. kontras
Kontras diperlukan untuk menonjolkan bagian yang dianggap lebih penting
dari bagian lainnya. Kantras dapat dinyatakan dengan membedakan ukuran
serta warna dari elemen layout.
  1. kontinuitas
Informasi mudah dimengerti oleh pengguna bila mempunyai aliran yang baik, sedikit gangguan yang menghambatnya. Suatu aliran informasi dapat dikatakan kontinue dan hormonis bila tampilannya mencerminkan kesinambungan dari satu bagian ke bagian lain. Kontinuitas dapat dibuat dengan membuat halaman-halaman mempunyai gaya, bentuk atau warna yang memberikan pengguna merasakan kesinambungan dengan halaman lainnya.

Tidak ada komentar: