Study Hard: Contoh Menulis Karangan untuk Tugas sekolah kamu

Rabu, 19 Februari 2014

Contoh Menulis Karangan untuk Tugas sekolah kamu


Contoh Menulis Karangan untuk Tugas Sekolah Kamu






Contoh Karangan Tentang Pentingnya Mata Kuliah Bahasa Indonesia Di Universitas

Bahasa Indonesia Tetap Harus Ada
Di Universitas

                Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang tidak asing lagi bagi mahasiswa, apalagi mereka sudah menerima pelajaran tersebut dari mereka SD sampai SMA. Dalam kuliahpun mahasiswa juga harus menghadapi pelajaran bahasa Indonesia. Mereka kadang juga bosan dengan pelajaran tersebut karena pelajarannya hanya seperti itu saja. Ada mahasiswa  yang beranggapan bahwa pelajaran bahasa Indonesia itu sudah tidak penting lagi, padahal kenyataannya pelajaran tersebut masih dibutuhkan dalam perkuliahan. Misalnya dalam pembuatan artikel, skripsi, proposal, atau karya ilmiah lainnya pasti menggunakan bahasa indonesia.
                Materi Bahasa Indonesia berfungsi untuk mengembangkan penalaran dan pembendaharaan kata kita. Pembelajaran bahasa Indonesia selain untuk meningkatkan penalaran, juga untuk meningkatkan kemampuan berpikir, berbahasa, dan meningkatakan wawasan yang luas. Peningkatan fungsi bahasa Indonesia sebagai sarana keilmuan perlu terus dilakukan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mengimbangi hal ini, peningkatan mutu pengajaran Bahasa Indonesia di universitas perlu terus dilakukan jangan sampai ditiadakan.
                Apalagi pada zaman yang modern seperti ini bahasa gaul sekarang sudah tidak asing lagi untuk di dengar malah sekarang juga muncul bahasa yang biasa disebut oleh anak muda yaitu bahasa alay. Saya sendiri pun mengakui selalu menggunakan bahasa tersebut dalam pergaulan sehari-hari. Bahasa Indonesia apabila dipakai sehari-hari bisa dibalng sudah cukup pantas atau sopan. Berbeda dengan kita apabila dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa gaul, mungkin akan terlihat seperti kurang sopan dan berlebihan. Hanya saja kita akan merasa baku untuk mengucapnya dan mendengarnya. Karena kita terbiasa dengan bahasa gaul dan bahasa daerah yang setiap saat kita dengar.
                Dan apabila kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik, kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang-orang yang mungkin terbiasa dengan bahasa Indonesia. Kita seperti bisa menjadi lebih sopan dalam berbicara, dan kita akan lebih di hargai oleh orang tersebut. Pada sebagian perguruan tinggi mungkin masih ada yang memberikan materi bahasa Indonesia dan mungkin juga tidak lagi memberikan materi bahasa Indonesia. Tapi sebaiknya pelajaran bahasa Indonesia itu harus tetap diberikan karena pelajaran tersebut mempunyai manfaat yang besar walaupun pelajaran tersebut terlihat membosankan.

                Dalam universitas pelajaran Bahasa Indonesia harus tetap dijaga, apalagi ada banyak mahasiswa asing yang melanjutkan pendidikannya di Indonesia. Ini kesempatan yang bagus untuk menyebarluaskan bahasa kita yakni bahasa Indonesia keseluruh pelosok dunia dengan cara mengajarkan materi bahsa Indonesia yang benar kepada mahasiswa asing yang melanjutkan pendidikannya di Indonesia. Selain itu, tujuan mata kuliah bahasa Indonesia yang diberikan kepada mahasiswa yaitu agar dapat menumbuhkan kesetiaan terhadap bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan dapat mendorong mahasiswa memelihara bahasa Indonesia, menumbuhkan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan mampu mendorong mahasiswa mengutamakan bahasanya dan menggunakannya sebagai lambang identitas bangsa, menumbuhkan dan memelihara kesadaran akan adanya norma bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan agar mahasiswa terdorong untuk menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku.

                Maka dari itu, pelajaran bahasa Indonesia harus tetap ada dalam setiap perguruan tinggi, selain bahasa Indonesia adalah bahasa negara kita sendiri yang harus dijaga baik-baik, pelajaran bahasa Indonesia juga membantu kita dalam menyelesaikan tugas seperti skripsi, membuat laporan, makalah, dan lain sebagainya. Dengan begitu, secara tidak langsung kita telah melestarikan bahasa Indonesia. Jangan sampai bahasa Indonesia itu luntur akibat dari ulah kita sendiri.

Tidak ada komentar: