Study Hard: ETIKA KOMUNIKASI

Senin, 09 September 2013

ETIKA KOMUNIKASI

Pengertian dan Penjelasan Tentang

ETIKA KOMUNIKASI





1.    Pengertian Etika ( Etik )
Kata etika berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat kebiasaan di mana etika berhubungan erat dengan konsep individu atau kelompok sebagai alat penilai kebenaran atau evaluasi terhadap sesuatu yang telah dilakukan.lainnya hal nya dengan etiket, Etiket adalah suatu sikap seperti sopan santun atau aturan lainnya yang mengatur hubungan antara kelompok manusia yang beradab dalam pergaulan.
2.    Pengertian Komunikasi
Istilah komunikasi dari bahasa Inggris communication, dari bahasa latin communicatus yang mempunyai arti berbagi atau menjadi milik bersama, komunikasi diartikan sebagai proses sharing diantara pihak-pihak yang melakukan aktifitas komunikasi tersebut. Menurut Cangara (2007 : 17-21) diantaranya adalah sebuah definisi singkat dibuat oleh Lasswell bahwa cara yang tepat untuk menerangkan suatu tindakan komunikasi ialah menjawab pertanyaan ”Siapa yang menyampaikan, apa yang disampaikan, melalui apa, kepada siapa dan apa pengaruhnya”. Lain halnya dengan Steven, mengemukakan sebuah definisi yang lebih luas, bahwa komunikasi terjadi kapan saja suatu organisme memberi reaksi terhadap suatu objek atau stimuli. Apakah itu berasal dari seseorang atau lingkungan sekitarnya. Misalnya seorang berlindung pada suatu tempat karena diserang badai, atau kedipan mata sebagai reaksi terhadap sinar lampu, juga adalah peristiwa komunikasi.
didalam buku karangan Widjaja (2008 : 08) James A.F. Stoner dalam bukunya yang berjudul Manajemen, menyebutkan bahwa komunikasi adalah proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan, lalu kemudian John R. Schemerhorn cs dalam bukunya yang berjudul ”Managing Organization Behavior”, menyatakan bahwa komunikasi itu dapat diartikan sebagai proses antar pribadi dalam mengirim dan menerima simbol yang berarti bagi kepentingan mereka.

3.    Etika Komunikasi
Etika Komunikasi akan mencoba mencari standard etika apa yang digunakan oleh komunikator dan komunikan dalam menilai diantara teknik, isi dan tujuan komunikasi. Richard L. Johannesen dalam bukunya etika komunikasi seperti yang dikutip oleh Karimah dan Uud (2010 : 74) memuat beberapa pertanyaan dasar yang dipakai untuk menjadi alat ukur membuat penilaian etika komunikasi yang lebih sistematik, yaitu :
1.    Mampukah saya menjelaskan dengan tepat apa kriteria, standard atau perspektif etika yang diterapkan pada saya?
2.    Kepada siapakah tanggung jawab etis harus diberikan?
3.    Mampukah keetisan komunikasi ini dibenarkan sebagai refleksi yang melekat pada pribadi komunikator?
Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan untuk menjadi alat ukur penilaian etika komunikasi. tBerikut di bawah ini adalah beberapa etika dan etiket dalam berkomunikasi antar manusia dalam kehidupan sehari-hari :
1. Jujur tidak berbohong
2. Bersikap Dewasa tidak kekanak-kanakan
3. Lapang dada dalam berkomunikasi
4. Menggunakan panggilan / sebutan orang yang baik
5. Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien
6. Tidak mudah emosi / emosional
7. Berinisiatif sebagai pembuka dialog
8. Berbahasa yang baik, ramah dan sopan
9. Menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan
10. Bertingkah laku yang baik
Komunikasi sering kali menjadi masalah karena tidak nyambung dalam penyampaian. Tidak nyambung ini bias berakibat kepada miss communication / salah pengertian antar sender dan receiver. Dan hal ini juga dapat dipengaruhi oleh tata karma, sopan santun, etika dalam berkomunikasi. Mungkin setiap kata sudah terpikirkan dan diucapkan dengan jelas, namun pasti ada saja yang menjadi hambatan.
Komunikasi menjadi sebuah seni berbicara, dalam berkomunikasi tidak sembarang mengucap, mendengar dan yang menghasilkan bunyi. Jika salah bicara, maka orang yang kita ajak bicara bisa sensitif dan bisa menjadi masalah.
Dalam berkomunikasi ada etika seperti dalam bahasa inggris, yaitu 5W+1H, dengan penjelasan sebagai berikut :
1. Who (siapa) : mengetahui siapa yang akan menjadi lawan bicara kita
2. What (apa) : lawan bicara kita dan juga kita sendiri juga harus mengetahui apa yang sedang dibicarakan
3. Where (dimana) : melakukan proses komunikasi harus mengetahui tempat yang tepat.
4. When (kapan) : kita harus mengetahui waktu yang tepat dalam berkomunikasi
5. Why (mengapa) : kita juga harus fokus dengan tujuan pembicaraan, menagapa kita harus berkomunikasi, apa sebab dan alasannya, jangan asal bicara.
6. How (bagaimana) : cara kita menyampaikan sesuatu juga harus sesuai aturan, etika,dan jangan sampai ada salah faham dalam hal penyampaiannya.

Sumber :
Cangara, Hafied.  2007.  Pengantar Ilmu Komunikasi.  Jakarta:  PT Raya Grasindo Persada.

Widjaja. 2008. Komunikasi & Hubungan Masyarakat, Jakarta : Bumi aksara.
Karimah, El Kismiyati dan Uud Wahyudin. 2010. Filsafat dan Etika Komunikasi,
Bandung : Widya Padjajaran



Tidak ada komentar: